Selamat Datang, ini adalah website resmi Kalurahan Donomulyo

Artikel

Bangga ....!!! Donomulyo Raih Juara I Gelar Potensi Rintisan Kalurahan Budaya

18 Agustus 2023 12:29:30  Admin Donomulyo  677 Kali Dibaca  Berita Desa

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kegiatan “Gelar Potensi Rintisan Kalurahan Budaya Kategori Berkembang Tahun 2023” dari tanggal 7 sampai dengan 13 Agustus 2023 bertempat di Auditorium Taman Budaya Kulon Progo. Kegiatan tersebut menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Keistimewaan Tahun 2023 dan diikuti oleh 35 Kalurahan di Kulon Progo yang berstatus Rintisan Kalurahan Budaya Kategori Berkembang. Adapun Kegiatan tersebut menampilkan kesenian unggulan dan produk kerajinan serta kuliner khas dari masing-masing Kalurahan.

Kalurahan Donomulyo yang menjadi salah satu peserta pada hari minggu tanggal 13 Agustus 2023 menampilkan berbagai kerajinan unggulan diantaranya Peci Geblek renteng, kerajinan serat alam, produk kriya dan lain-lain. Sedangkan untuk produk kuliner menyajikan Bakpia, wedang uwuh, olahan keripik buah dan sayur dan aneka camilan produksi warga lokal Donomulyo.

Pada penampilan kesenian unggulan Kalurahan Donomulyo menampilkan Drama Tari yang mengangkat tentang cerita awal mula upacara adat nguras sendang Mudal dengan Judul “Sirnaning Sengkala Mudal”. Para penari yang merupakan putra putri warga lokal kalurahan Donomulyo mampu menampilkan pertunjukan yang menarik dan memukau para dewan juri dan penonton yang ada di dalan Auditorium Taman Budaya Kulon Progo. Drama tari tersebut digarap oleh Sanggar Seni “Laras Prasodjo” yang berada di Padukuhan Penjalin, Kalurahan Donomulyo.

Diakhir acara setelah dilakukan siding oleh dewan juri, maka diumumkan hasil penilaian “Gelar Potensi Rintisan Kalurahan Budaya Kategori Berkembang Tahun 2023” dan hasilnya Kalurahan Donomulyo mendapat nilai tertinggi yaitu 732 poin dan berhak atas gelar Penyaji Terbaik 1, mengungguli 34 peserta kalurahan lainnya.

Yang istimewa dari kemenangan ini adalah bahwa Kalurahan Donomulyo baru ditahun 2023 ini naik kelas dari Rintisan Kalurahan Budaya Kategori Tumbuh ke Rintisan Kalurahan Budaya Kategori Berkembang dan langsung mendapat predikat juara 1 di Kabupaten Kulon Progo.

Semoga hasil ini dapat memberikan motivasi kepada warga Kalurahan Donomulyo mengembangkan potensi seni dan budaya yang ada.

Salam Budaya…. (HS)

Link Youtube Penampilan Kontingen Donomulyo disini

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Kalurahan

 Aparatur Kalurahan

Back Next

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Bandung Kalurahan Donomulyo Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulon Progo
Kalurahan : Donomulyo
Kapanewon : Nanggulan
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55671
Telepon : 0274
Email : donomulyo.desa@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:9
    Kemarin:103
    Total Pengunjung:53.093
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.119.159.150
    Browser:Mozilla 5.0